Perilaku konsumen di bidang industri teknologi memang sangat menarik diamati, bukan hanya karena terus hadirnya teknologi-teknologi yang lebih inovatif, namun juga para konsumen yang tidak mau ketinggalan produk-produk yang baru saja diluncurkan, bahkan rela mengantri seharian untuk membeli sebuah gadget yang harganya tidak murah. Salah satu produk Apple yaitu iPhone adalah salah satu contoh dari banyaknya orang yang rela merogoh kantongnya demi mendapatkan kepuasan ketika memiliki produk itu.
Di samping karena perkembangan iPhone yang membuatnya menjadi smartphone yang paling diminati saat ini, juga karena Apple mengunggulkan iPhone dari segi multimedia serta karena teknologi iPhone itu sendiri yang memikat masyarakat untuk menggunakannya. Teknologi tersebut yakni layar sentuh (touch screen), kamera dengan resolusi pixel yang tinggi (8MP), video dengan kualitas HD (high definition), juga fitur geo-tagging, dan kemudahan untuk mengakses internet. Selain itu juga karena beragam fitur canggih serta aplikasi di dalamnya yang sangat memudahkan para pengguna dalam menggunakan smartphone tersebut. Yaitu mengirim email, meng-edit foto dan video ataupun audio, membuat proposal, fitur siri layaknya sekretaris yang dapat menjalankan perintah penggunanya dengan mendeteksi suara, dan lain sebagainya.
Di Indonesia sendiri, persentase pengguna iPhone meningkat paling besar, meskipun sempat terjadi penyalipan oleh Android, tapi dengan munculnya iPhone 4s menjadikan Apple tetap bertahan pada posisi pertama. Fenomena ini mengakibatkan beberapa pengguna iPhone yang membeli dan menggunakan iPhone hanya untuk sekedar lifestyle saja, karena brand yang telah dibuat iPhone menjadikan para penggunanya memiliki prestige tersendiri dalam memiliki smartphone bermerek tersebut.
Pengguna iPhone memiliki motif yang tinggi dari segi akses permanen (permanent access), hiburan (entertainment), interaksi sosial (social interaction), daya tarik (attraction), koneksi (connection), instrumentalitas (instrumentality), dan mode/status (fashion/status). Namun yang tertinggi ada pada indikator entertainment, di mana dalam hal ini dikarenakan Apple memang mengunggulkan iPhone dalam segi multimedia atau entertainment-nya, sehingga fitur-fitur andalan iPhone yang menyajikan beragam fitur multimedia lah yang mengikat minat responden dalam menggunakannya, baik multimedia dari segi foto, video, games, dan lain sebagainya, misalnya saja instagram dan camera.